3 Cara Menciptakan Magnet Dengan Eksperimen

Teknik Membuat Magnet - Hai adik2, kali ini kita akan mempersembahkan engkau ilmu pengetahuan dengan berbasis eksperimen bisa engkau coba di rumah dengan menolongan saudara atau orang renta engkau ya. adik2 tahu terkena magnet? Nah kali ini kita akan bereksperimen dengan 3 cara membuat magnet bisa adik coba di rumah. Tentu seru dong, selain mendapat ilmu kalian juga bisa bermain dan menganalisa ihwal magnet dan pengaruhnya. Apakah engkau siap untuk bermain hari ini dengan menggunakan magnet? Yuk saatnya kita mulai eksperimen kali ini.
 kali ini kita akan mempersembahkan engkau ilmu pengetahuan dengan berbasis eksperimen bisa engkau  3 Teknik Membuat Magnet melaluiataubersamaini Eksperimen
Baca juga: Teknik Membuat 2 BBM di Android melaluiataubersamaini Aplikasi APK

Apakah adik2 tahu ihwal magnet? Maqnet yakni sebuah objek mempunyai medan maqnet. Nah maqnet sendiri terdiri atas 2 jenis yaitu maqnet alam memang terbentuk secara alami dan buatan dibentuk oleh manusia. Setiap maqnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Nah, kalau adik2 memilikinya di rumah, walaupun adik2 potong, setiap magnet akan tetap mempunyai kutub utara dan kutub selatan. Maqnet ini bisa menarikdanunik benda-benda loh, menyerupai tiruana benda mempunyai materi dasar logam.

Adik bisa mencobanya di rumah dengan cara mendekatkan magnet pada logam menyerupai besi dan baja. Kemudian kita bisa melihat bahwa magnet kecil bisa menarikdanunik benda cukup besar asalkan benda tersebut terbuat dari logam. Nah, menyerupai kita ketahui bahwa magnet terbagi dua yaitu alam dan buatan. Kali ini kita akan bereksperimen membuat magnet buatan dengan 3 cara membuat magnet. Apakah engkau siap?

Berikut Teknik Membuat Magnet Buatan Sendiri

1. Teknik membuat dengan menggosokkan magnet tetap

Teknik membuat pertama bisa adik coba yakni menggosokkan maqnet tetap pada jarum. kita bisa mengambil jarum atau logam yang terbuat dari besi atau baja yang ada di rumah dan coba adik dekatkan kedua benda tersebut. Apakah kedua benda tersebut bisa saling tarik menarikdanunik? Ternyata paku tidak bisa menarikdanunik jarum kecil, sebab besi atau baja tidak mempunyai medan magnet di dalam dirinya. Akan tetapi, besi atau baja dalam kasus ini yakni paku bisa dijadikan sebagai maqnet.

 kali ini kita akan mempersembahkan engkau ilmu pengetahuan dengan berbasis eksperimen bisa engkau  3 Teknik Membuat Magnet melaluiataubersamaini Eksperimen

caranya adalah:
a. Ambillah sebuah logam terbuat dari besi atau baja.
b. Lalu gosokkan logam tersebut ke salah satu ujung maqnet tetap secara berulang-ulang posisi searah.
c. Coba dekatkan logam tersebut ke jarum kecil dan lihat apa terjadi. Logam ternyata mempunyai medan maqnet, sebab adanya dampak dari ukiran kemagnet tetap risikonya membuat logam tersebut mempunyai daya tarikmagnet.

2. Teknik membuat magnet menggunakan arus listrik

Nah, kali ini sebaiknya ada pengawasan orang renta dalam melaksanakan eksperimen ini. Kali ini eksperimen nya yakni menggunakan arus listrik untuk menciptakannya. Bahan cara menciptakannya diharapkan yakni baterai kecil, kumparan, paku kecil dan besar. Teknik membuat yakni sebagai diberikut: paku besar dililit dengan kumparan yang sudah terhubung ke baterai kecil. Lalu setelah dililit oleh kumparan tersebut bisa diarahkan kepaku kecil, kemudian lihat apa yang terjadi? Ternyata pakubesar bisa menarikdanunik yang kecil sebab adanya arus listrik searah mengaliri dari yang besar. Akan tetapi, kalau menggunakan arus listrik bolak-balik, maka paku besar akan kehilangan daya magnetnya. Begitupun ketika arus listrik di putus, paku kecil akan terlepas, sehingga sanggup disimpulkan bahwa paku akan mempunyai daya magnet kalau dialiri oleh listrik searah.

3. melaluiataubersamaini menggunakan induksi

Eksperimen kali ini yakni cukup gampang, adik2 spesialuntuk perlu menyediakan magnet, paku besar dan kecil. Tekniknya yakni paku besar didekatkan pada magnet ditaruh secara statif, ia akan melekat dimagnet, nah coba deh paku besar melekat tadi didekatkan pada yang lebih kecil, lihat apa yang akan terjadi. Yang lebih kecil tadi akan turut melekat pada paku besar. Hal ini dikarenakan ia mendapat induksi dari magnet sehingga merubah sifatnya menjadi mempunyai daya.

Nah, demikianlah 3 cara membuat magnet bisa adik coba di rumah bersama menolongan orang renta atau saudara lebih renta ya, atau experimen sendiri. Dengn eksperimen tersebut adik2 bisa melihat bahwa magnet ternyata bisa dibentuk menggunakan beberapa menolongan. Selamat bereksperimen.
0 Komentar untuk "3 Cara Menciptakan Magnet Dengan Eksperimen"

Back To Top